JUMAT RELIGI SMP NEGERI 3 GODEAN

Jum’at(16/2). Kegiatan Jumat pagi tanggal 16 Februari 2024 SMP Negeri 3 Godean dilaksanakan kegiatan Jumat Religi dengan Kegiatan Pengajian Isro’ Mi’roj yang diisi oleh Ustadz Kurnia Pramujiharso, S.Sos.I. Dalam kegiatan ini disampaikan bahwa dengan Peristiwa Isro’ Mi’roj Allaoh SWT memberi perintah Sholat kepada manusia. Perintah Sholat langsung disampaikan oleh Alloh SWT. Karena itu kita wajib melaksanakan shalat lima waktu yang akan menumbuhkan dan meningkatkan keimanan kita terhadap kekuasaan Allah SWT yang Maha berkehendak. Isra merupakan perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa atau Baitul Maqdis di Yerusalem, Palestina. Jarak Makkah ke Yerusalem sekitar 1.239 km. Dalam kondisi normal jarak tempuhnya mencapai satu bulan dengan mengendarai kuda atau unta. Nabi Muhammad SAW mencapainya tidak sampai semalam.

Sesampainya di Baitul Maqdis, Nabi Muhammad SAW mengerjakan shalat dua rakaat, menjadi imam para nabi di tempat tersebut. Beliau juga diberi tiga gelas dengan isi yang berbeda-beda, yaItu khamr, susu, dan air putih. Rasulullah memilih susu, yang disebut oleh Malaikat Jibril sebagai memilih fitrah atau agama Islam.

Adapun mikraj adalah peristiwa saat Nabi Muhammad dari Baitul Maqdis di Yerusalem ke Sidratul Muntaha, melewati tujuh langit. Rasulullah SAW akhirnya tiba di Sidratul-Muntaha, yang merupakan simbol puncak pengetahuan yang paling mungkin dicapai makhluk. Pada zaman itu tak ada satu pun orang yang mempercayai peristiwa Isra Mikraj yang dialami Nabi SAW. Kecuali hanya satu orang yang mempercayai peristiwa tersebut dengan rasa keimanan yang tinggi yakni sahabat beliau Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Dalam mikraj, Nabi Muhammad saw bertemu dengan para nabi pilihan di setiap langit. Nabi Adam di langit pertama, Nabi Isa dan Yahya di langit kedua, Nabi Yusuf di langit ketiga, Nabi Idris di langit keempat, Nabi Harun di langit kelima, Nabi Musa di langit keenam, dan Nabi Ibrahim di langit ketujuh. Peristiwa Isra dan Mi’raj yang dialami Nabi Muhammad SAW dijelaskan Allah SWT dalam QS Al-Isra ayat 1.

SMP N 3 GODEAN MERAIH JUARA 2 LOMBA KARAWITAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2024

(Rabu,24/1)

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menyelenggarakan lomba karawitan tingkat SMP pada hari Rabu, 24 Januari 2024 di Hotel Prima SR. Seni karawitan memiliki banyak manfaat, salah satunya yakni melatih jiwa kekompakan siswa karena dalam karawitan tujuannya menghasilkan harmoni suara agar selaras sehingga dibutuhkan kebersamaan tidak boleh sendiri-sendiri. Secara tidak langsung ini juga melatih generasi muda belajar untuk kebersamaan dan kekompakan karena itu kunci kesuksesan pembangunan dan kemasyarakatan. Lomba karawitan ini juga memiliki manfaat yang lain. Diantaranya melestarikan budaya khususnya sebagai orang Jawa. Pada kesempatan kali ini, SMP Negeri 3 Godean menampilkan Ladrang Wirangrong dan Lancaran Semangat Juang 45 Karya Ir.Soekarno & Ki Nartosabdo dan berhasil meraih Juara II dibawah asuhan Ibu Sri Utami, S.Pd dan Bapak Yulius Sri Wahyudi.

FESTIVAL PERMAINAN TRADISIONAL

Senin (18/12) Kegiatan Akhir Semester Gasal tahun pelajaran 2023/2024 setelah usai Asesmen Sumatif Akhir Semester Gasal di SMP Negeri 3 Godean diisi dengan Kegiatan Porsenitas tanggal 11-14 Desember 2023, dilanjutkan dengan Festival Permainan Tradisional tanggal 18 sampai dengan 21 Desember 2023. Festival Permainan Tradisional bertujuan untuk memperkenalkan dan menghidupkan kembali permainan tradisional yang syarat dengan nilai-nilai positif dan nilai-nilai budaya yang berkearifan lokal, membangun kebersamaan, serta membiasakan aktivitas fisik yang sangat penting bagi kesehatan. Melalui permainan tradisional diharapkan akan mampu mewujudkan anak-anak yang sehat, kreatif, cerdas, dan berkarakter.

Selain itu, Festival Permainan Tradisional ini dilaksanakan sebagai wahana untuk mempromosikan, melestarikan, dan mengenalkan warisan budaya tradisional kepada siswa melalui pengalaman yang menyenangkan dan interaktif. Festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam mempertahankan dan memperkenalkan warisan budaya tradisional kepada generasi muda khususnya para siswa dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Permianan tradisional yang dilombakan yaitu Gobag Sodor, Gundu/kelereng, engklek, boinan, balap ban, dakon, balap karung, dan tumpeng yang menggunakan kemasan tradisional, misal sudi, tum, pincuk, dan lain-lain

PENANAMAN POHON DALAM RANGKA HARI MENANAM POHON INDONESIA 28 NOVEMBER 2023

Selasa (28/11) Pada Hari Selasa, 28 November 2023, sebanyak 50 siswa SMP Negeri 3 Godean bekerja sama dengan SMP Negeri 2 Godean dan SD Negeri 3 Godean dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia, melaksanakan Kegiatan Menanam pohon di Hutan Wisata Jimborodono Gancahan V. Penghijauan dengan penanaman pohon merupakan sarana untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaranDengan adanya penghijauan akan menurunkan suhu suatu tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

Dipandu oleh pimpinan pengelola Jimborodono Bapak Farid Fahrudin, bersama bapak Jumeni dan Bapak Farhan, para siswa menanam sebanyak 100 pohon di sepanjang tepi jalan masuk menuju hutan Jimborodono dengan macam tanamannya pohon mangga, pohon jambu kristal, pohon alpukat, dan pohon sirsat. Hadir dalam kesempatan tersebut Ulu-ulu Kalurahan Sidomulyo Bapak Arfiaan Wicaksono.

PEMBELAJARAN LUAR KELAS “KUNJUNG MUSEUM’ SMP NEGERI 3 GODEAN TAHUN 2023

Selasa (21/11) Pada hari Selasa, 21 November 2023, SMP Negeri 3 Godean melaksanakan kegiatan Kunjung Museum yang diikuti oleh siswa kelas VII sebanyak 190 siswa. Adapun museum yang dikunjungi yaitu Museum Vredeburg, Museum Sonobudoyo, dan Museum Ulen Sentalu. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi Tlogo putri sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sleman.

Kunjung museum dilaksanakan dalam rangka menanamkan semangat nasionalisme dilakukan langsung di tempat-tempat yang menyimpan segudang sejarah peradaban dan perjuangan di Yogyakarta. Harapannya, melalui kunjung museum tertanam semangat dan rasa memiliki kebudayaan daerah, sehingga para siswa-siswi kedepannya dapat turut serta hadir dan berperan dalam melestarikan kebudayaan tersebut.

Diera kemajuan teknologi saat ini, pengalaman nyata salah satunya hadir ke museum sangat diperlukan. Karena ada sisi lain dan pengalaman yang menarik akan didapatkan masing-masing anak nantinya. Walaupun perkembangan teknologi itu semakin meningkat, tetapi anak-anak mudah-mudahan nanti tetap memiliki nilai-nilai budaya lokal.

Salam Sahabat Museum
Museum di Hatiku

LEARNING TECHNOLOGY WORKSHOP PEMANFAATAN APLIKASI GESCHOOL SEBAGAI PLATFORM ASESMEN PEMBELAJARAN

Selasa (14/11) Dalam rangkaian meningkatkan kompetensi guru dalam asesmen pembelajaran, SMP Negeri 3 Godean kembali mengadakan Workshop Pemanfaatan Aplikasi Gescholl Sebagai Platform Asesmen Pembelajaran. Konsep baru Geschool, menyediakan Aplikasinya secara Independen di tiap Kota / Kabupaten dan Provinsi. Selain untuk mendukung pembelajaran Sekolah dengan konsep Blended Lerning lebih komprehensif juga sekaligus bisa menerapkan Digitalisasi Pembelajaran Sekolah yang bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan selain oleh Sekolah itu sendiri (Kepala Sekolah beserta Jajaran, Guru, Siswa dan Orangtua) juga oleh Stakeholder Pendidikan pun Publik / Masyarakat di Kota / Kabupaten dan Provinsi tersebut.

Dengan Narasumber dari tim Geeschool, Muhammad Dzakir Amaniey, S.Psi dan Farid Irawan Nugroho, S.M. workshop diselenggarakan di Aula pukul 13.00 s.d. 15.00. Diharapkan dengan workshop ini, semua bapak ibu guru memanfaatkan platform geeschool dalam asesmennya.

Diseminasi Tiga Tantangan Utama Pendidikan PEKSI (Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi)

Sabtu, 11 November 2023 dilaksanakan kegiatan workshop dengan tema besar Diseminasi Tiga Tantangan Utama Pendidikan PEKSI (Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMP Negeri 3 Godean. Terdapat tiga pembicara yang ekspert dalam bidangnya.

Pembicara yang pertama yaitu Ibu Supratiningdih, S. Pd. dengan tema pendalaman “Implementasi Peraturan menteri pendidikan, riset, kebudayaan dan teknologi No.46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan”

GELAR SENI, GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH

Rabu (8/11) Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) adalah program yang dijalankan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bentuk program seniman memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah. Pada tahun 2023 ini SMP Negeri 3 berkesempatan untuk mendapatkan program Gerakan Seniman Masuk Sekolah pada ekstrakurikuler karawitan. Ekstrakurikuler karawitan diasuh oleh Ibu Sri Utami, S,Pd dan Ibu Surani. Pada program GSMS, selain latihan reguler tiap hari Selasa, juga ada latihan khusus yang diasuh oleh Bapak Yulius Wahyudi, didampingi Ibu Sri Utami. Program ini berlangsung selama 2 bulan yaitu Bulan Oktober dan November 2023. Pada kegiatan puncaknya, hasil binaan dari program GSMS ini dipentaskan di Benteng Vredeburg pada hari Rabu, 8 November 2023 pukul 18.00 yang menampilkan Lancaran Gugur Gunung, Lancaran Kuwi Opo Kuwi, dan Lancaran Jago Kate. Untuk Lancaran Gugur Gunung dan Lancaran Jago Kate dipadukan dengan tarian yang diasuh oleh Belinda Ayu Dewanti dari Ekstrakurikuler Tari.

PARENTING BERSAMA BUNDA CINTA

Rabu (8/11) Pada hari Rabu, 8 November 2023 diadakan kegatan Parenting bersama nara sumber Shinta, M,Si.M.A atau dikenal dengan nama Bunda Cinta. Parenting diikuti oleh perwakilan orang tua siswa, satu kelas diwakili enam orang tua siswa, komite sekolah, serta bapak ibu guru. Tema yang diambil yaitu “SINERGITAS ORANG TUA DAN GURU MEWUJUDKAN GENERASI BERKUALITAS. Bunda Cinta menyampaikan bahwa cirinya remaja diantaranya adalah remaja tidak terlalu suka diceritakan penderitaan kita di masa lalu, tapi mereka lebih semangat diceritakan indahnya masa depan mereka. Anak-anak sekarang berada di zaman now yang sangat berbeda dengan masa orang tua dulu di masa remaja. Menghadap anak SMP sampai pusing itu sangat wajar. Terimalah kondisi apapun anak kita. Kalau sudah menerima nanti akan bisa bersyukur. “TURUNKAN STANDAR, NAIKKAN SABAR” begitu pesan Bunda Cinta untuk para orang tua. Terima kasih ya Nak ya, sudah hadir di kehidupan bunda, sudah hadir mengisi hari-hari bersama…….

Jangan pernah berpikir anak-anak kita tidak punya potensinya….berhenti memikirkan betapa hebatnya anak orang lain, mari kita fokus berpikir bagaimana kita meningkatkan kebahagiaan anak kita masing-masing. Jadi yang terpenting sekarang adalah merubah mind set. Anakku itu adalah guru terindah dalam hidupku…anakku adalah guru kesabaranku…..jangan pernah mengatakan anak pembuat masalah…..pembuat pusing. Anakku adalah karunia terindah dakam hidupku….hadiah terbesar dalam hidupku……